Kamis, 31 Desember 2009

Tulisan Naratif 6

RAMAI PADA WAKTUNYA,,


          Natal dan Tahun Baru,, perayaan ini sudah rutin ada pada setiap tahunnya. Pemandangan yang ramai, gemerlap, meriah, dan glamour sudah menjadi pemandangan yang selalu rutin tampak disetiap tahun. Jalanan ramai, penuh padat selalu itu yang terjadi dimana-mana. Beberapa tempat hiburan ramai dikunjungi masyarakat.

          Menjelang Natal beberapa tempat perbelanjaan ramai dikunjungi masyarakat. Perlengkapan hari Natal seperti pohon Natal dan pernak-perniknya, kue Natal, baju baru untuk hari Natal, kado untuk orang yang disayang, kerabat atau keluarga, serta keperluan lainnya untuk menyambut hari Natal ramai diserbu pengunjung. Warna-warni pernak-pernik Natal memberi suasana yang berbeda di setiap tahunnya, membuat suasana semakin meriah. Ada yang bilang Natal adalah hari untuk anak-anak, karena anak-anaklah yang biasanya sangat menantikannya. Kado dari orang tua dan kerabat, suasana yang meriah, indahnya pohon Natal, liburan bersama keluarga, membuat hari Natal selalu dinantikan oleh mereka. Bagi umat beragama lain, anak-anak kecil pun terkadang senang dengan hari Natal. Karena film-film anak seperti kartun banyak di tayangkan di televisi mengisi hari libur mereka. Dan pada hari Natal, mereka juga dapat berkumpul bersama keluarga karena mungkin ayah dan ibunya yang bekerja mendapatkan hari libur tambahan, sehingga mungkin mereka dapat berlibur bersama.

          Menjelang Tahun Baru,, suasana yang lebih heboh jauh lebih tampak diberbagai tempat. Lebih ramai, gemerlap, dan glamour pasti dapat dirasakan oleh setiap orang. Malam yang biasa sepi akan ramai dipadati banyak orang. Jauh sebelum malam tahun baru, pernak –pernik atau perlengkapan yang biasa digunakan untuk meramaikan malam Tahun Baru seperti terompet, topi hias yang berumbai-rumbai dengan berbagai warna sudah banyak dijual dibeberapa tempat disudut Ibu Kota. Tak lupa kembang api yang bisa dikatakan sebagai perlengkapan pokok yang wajib ada bila tahun baru tiba juga sudah bertebaran dimana-mana. Persiapan untuk malam tahun baru biasanya sudah direncanakan dari jauh-jauh hari oleh setiap orang. Kebiasaan yang sering dilakukan orang pada malam tahun baru adalah bakar ikan atau bakar jagung sambil menikmati indahnya kembang api yang bertaburan dilangit. Indah,, yaaa,,, sangatlah indah seakan membuat cacatan baru di tahun yang baru. Sore harinya sebelum menjelang tahun baru banyak penjual ikan berjejer di pinggir jalan-jalan besar menjajakan dagangan mereka untuk dibakar dimalam tahun baru. Suasana seperti ini selalu terjadi di setiap tahun, dengan bumbu kemacetan dimana-mana. Namun, walaupun macet, tak menyurutkan setiap orang untuk menyambut tahun baru.

          Monas,, tempat utama yang biasa dikunjungi pada malam tahun baru dan kembang api lah yang dinanti-nanti oleh setiap pengunjung disana. Tepat pukul 12 malam kembang api bertaburan dilangit. Ramai, meriah dengan sorak-sorai banyak orang. Pemandangan seperti ini hanya ada pada akhir tahun menjelang tahun baru, satu kali dalam setahun. Pada malam-malam lain tentu tak dapat kita jumpai suasana yang seperti ini. Maka tak heran, walaupun terkadang hujan jalanan tak akan sepi dibuatnya. Remaja kaula muda tetap ramai berkeliaran dimana-mana. Menikmati pemandangan yang hanya terjadi sekali dalam setiap tahunnya.

0 komentar:

Posting Komentar