Kamis, 25 November 2010

Wacana Singkat Patas 82,,

      Sabtu malam, pukul 18.30 lewat dikit, tgl 9 oktober 2010. Waktunya pulang ke kandang, setelah 3minggu tak kembali pulang. Dengan macetnya jalanan di bus kesayangan patas 82. Duduk dengan bawaan yang cukup merepotkan "seperti biasa", tak ada yang menemani. 
      Duduk dibaris sebelah kanan deret bangku isi 3 orang. Tepat disebelah bapak-bapak separuh baya. Pemandangan awal yang terlihat adalah 2 orang pengamen. Dengan semua lagu "ungu" yang dibawakan di separuh jalan. Lirikan pertama tepat pada sebelah kiri depanku,, wanita kurus dengan rambut basah kuyup, bukan karna abis mandi. Tapi karna keujanan.! 
      Bibirnya tampak pucat,, menabuh gendang yang ia buat sendiri bersama pasangan ngamennya. Sesekali kulihat wajahnya, ia pun tertunduk malu.. Bukan karna suka.! Tapi iba ku lihat kondisinya.. Kulihat tepi jalan,, kanan kiri mobil dan motor memadati jalan. Orang-orang kelayapan nggak jelas pada mau kemana. Yang jelas malem mingguan kayaknya.. Karna ku lihat pakaian mereka rapih dan berpasang-pasangan. Usai pengamen itu mencari receh-receh dalam bis,, dipemberhentian sepasang pengamen itu pun turun,, entah kmana... Naiklah kakek tua dengan bau yang tak sedap dan duduk disebelahku tepat.!! Hhuuuaaa.... Apes..!! Ku keluarkanlah minyak kayu putih. Usap2 terus dah tuh idung ,, sampe enak diciumnya.! Haha..
      Ilang baunya.! Bukan ilang beneran,, tapi karna mungkin sudah mulai beradaptasi hidungku dengan baunya...!! Ckckckckck... 
      Enyah,, terbiasa dengan bau si kakek tak lama pandanganku mengalih tepat ke bangku sebelah kiri paling depan. Wanita berkacamata dengan jilbab dan aksesorisnya. Tampak sibuk dengan kedua HPnya. Dan aku..? Juga begitu,, Online..!! Hehehehe.. Hanya sekedar menghapus rasa jenuhku.! Sambil mengamati wanita itu. Bukan Sirik.!! Bukan Kepengen..!! Cuma mengamati saja.! Semenit,, dua menit,, kira-kira 10 menitan dia smsan,,ganti22 dering HPnya trus nyimpen 1 HPnya itu disaku sebelah kanan. Eitss,, skali lagi bukannya ada niat jelek,, tapi cuma mengamati.. 
      Criiingg,,, HPnya disebelahku berbunyi. Bla,,bla,,bla,,bla,,bla,,. Si bapak2 itu ngomongin bapaknya. "Bokap begini,, bokap begitu,, kirain gw begini,, kirain gw bgtu,, bla..bla..bla..bla..bla..". Nggak niat nguping tapi kedengeran.. Gmana doonk..? ;P 
      Karna si bapak emank tepat berada di sebelah kananku dekat jendela sambil ngangkat 1 kakinya bak di warteg saja dia..! Lama ngomongin bapaknya,,dia ganti topik jadi ngomongin istrinya yg abis ngelahirin kayaknya. Ngomongin rumah sakit dan yang paling menggebu2 ketika ia menjelek2kan kaka iparnya sendiri.. Hihihi... Pengen ketawa ngedengerinnya.. Keliatan banget dy nggak suka sama si teteh dalam cerita dy.. Bla..bla..bla..bla.. setengah jam kurang berlalu dan HPnya pun mati. Diem dy.! Dan sejenak terlintas dipikiranku,, ooh,, jadi begitu ya klo orang dah berumah tangga..Ribet ya... 
      Selesai tuh si bapak,, si supir meredupkan lampu, penumpang sebagian tidur,, tapi tidak untukku. HP wanita itu berdering terus menerus. Nggak di angkat2.! Entah dia ketiduran,, nggak denger,, atau rada budeg...?! Abis bunyi berkali2 nggak di angkat2.! Mengganggu..!! Nggak bisa tidur,, nahan bau,, nahan mual karna kelamaan di bus membuatku pusing.! Dan syukurlah.... sampai juga di tempat tujuan.! Thathaa... aku turun,, slamat tinggal 82,, besok kita berjumpa lagi... :) 
      Trimakasih untuk pemandangan anehmu malam ini... Huh..!! 
      Bus Jakarta dengan banyak cerita... 

0 komentar:

Posting Komentar