Senin, 09 Mei 2011

_Ketika Beda Nampak,, Ego pun Muncul_

      Setiap orang pasti memiliki pendapat,, pandangan,, serta opini sendiri tentang suatu hal yang sama. Dan ketika yang sama diartikan nampak berbeda, disitulah ego akan muncul. Yang sama tak selamanya sama,, yang beda tak selamanya berbeda. Namun,, ketika berbeda itu nampak tak jarang perang ego itu muncul.
      Kenapa tidak..?! Setiap orang memiliki pandangan serta opini masing2 dalam memandang sesuatu. Apapun itu..!! Dan setiap orang pasti mempertahankan opini2 yang ia punya untuk membenarkannya.! Dan ketika setiap opini disatukan, tak selamanya akan bertemu titik sama. Disitulah setiap ego individu terlihat. Seberapa kuat ia mempertahankan argumennya,, untuk membenarkan opininya.
      Yang kalah tak selamanya salah,, yang kuat dan menang tak selamanya benar. Lalu syapa yang benar-benar "benar" dan syapa yang dapat dikatakan benar..?!
Kebenaran itu benar2 relatif,, dari sudut pandang mana orang melihat dan bagaimana cara orang tersebut melihat. Benar kata anda,, belum tentu benar kata saya..! Salah kata saya,, belum tentu salah kata anda..!! Benar kan..?! Sepertinya untuk statement yang satu ini kita sependapat bukan..?!
      Ya,, Sempurna..! Bicara tentang sempurna,, Apa sih sempurna menurut anda..?! Sempurna dimata saya adalah suatu hal yang sangat baik,, tak mempunyai cacad,, salah,, atau celah sedikitpun. Lengkap,, utuh,, komplit tak ada kurang sedikitpun.! Lalu bagaimana pendapat anda..?! Tentu ada yang berbeda...
Silahkan saja bila mau beropini disini...
      Dengan opini yang saya buat,, tentu manusia tidak sempurna bukan..?! Karna manusia slalu punya salah,, slalu melakukan kesalahan,, tidak bisa melakukan semuanya dengan sangat baik,, meskipun sedikit pasti memiliki kekurangan. Betul kan..?!
Lalu bagaimana dengan pernyataan "Manusia adalah makhluk yang paling sempurna dibanding dengan makhluk yang lainnya..?!"
      Bicara tentang ini cukup memancing ego saya bersama salah seorang anak manusia yang bisa dikatakan berfikiran kritis.! Memakan waktu lama dan tak bertemu endingnya. Hanya ego yang menggebu2 saat berbicara. Mempertahankan argumen masing2 hingga akhirnya tetap pada statement masing2.
      "Manusia makhluk yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk yang lainnya".
Iya,, itu benar. Saya membenarkan..! Dalam konteks agamapun telah disebutkan seperti itu. Secara ilmiah pun,, kita telah ketahui bersama bahwa manusia memang makhluk yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk ciptaan Tuhan yang lainnya (hewan dan tumbuhan). Namun dengan opini yang saya buat tadi,, Apakah manusia memang benar2 sempurna..?! Jawaban saya tidak..!
      Sempurna yang dikatakan diatas adalah suatu kelebihan yang dimiliki. Dan tidak dimiliki oleh makhluk lainnya seperti akal pikiran dan perasaan. Namun sempurna yang saya maksudkan itu berbeda dengan yang diatas. Aduuuhhh,,,, saya bingung bagaimana menjelaskannya....
      Intinya,, manusia memang makhluk yang paling sempurna bila dibandingkan dengan makhluk yang lainnya. Namun,, manusia secara individu dan secara spesifik belum bisa dikatakan sempurna. Karna manusia masih banyak melakukan kesalahan,, manusia masih banyak memiliki kekurangan.

      Itu menurut saya lho,,, saya yakin banyak yg punya pendapat yang beda. Silahkan klo ada yg mau berpendapat... Tapi ingat,,, setiap orang atau individu pasti memilki pendapat yang berbeda. Dan tak selamanya yang berbeda dapat sama dan disatukan. Kata "sempurna" diatas adalah salah satu contoh dimana banyak perbedaan pendapat dapat bermunculan. Dan tak selamanya ego akan terlihat berdampingan dengan perbedaan. Dan tak selamanya perbedaan dapat disatukan...


          Mari berpendapat,, Tuangkan opini anda,,
Selamat Membaca....
:)


0 komentar:

Posting Komentar