Rabu, 18 November 2009

Ringkasan Jurnal 3

RINGKASAN JURNAL
CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT
MEMBANGUN PERANGKAT LUNAK MANAJEMEN
MELALUI APLIKASI DATA MINING
DALAM MENINGKATKAN NILAI PELANGGAN
Pengarang :
Teddy Oswari, Miftah Andriansyah & C. Dewi Wulandari
Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
Universitas Gunadarma, Jalan Margonda Raya No. 100 Depok
        Bagian pemasaran dalam suatu perusahaan merupakan salah satu departement penting dalam membina hubungan dengan pelanggan. Hubungan dapat dibangun dan dipertahankan dengan memahami adanya nilai yang dapat ditemukan melalui aktivitas para pelanggan. Seiring dengan perkembangan teknologi, aplikasi data mining dan teknik analisa data lainnya sudah banyak digunakan perusahaan untuk mengenali perilaku pelanggan melalui pengumpulan data-data yang dibutuhkan perusahaan.
       Sampel dalam penelitian ini adalah Data Mining dan CRM (Customer Relationship Management) serta Data Mining dan Database Marketing dengan pemakai utamanya adalah para pemasar database serta siapa saja yang sedang mengandalkan, mengotomatiskan proses dari saling berinteraksi dengan pelanggan.
        Adapun permasalahan yang dibahas diantaranya adalah bagaimana pelaku bisnis dan pemilik perusahaan dalam menerapkan aplikasi data mining yang mampu menguraikan permasalahan dan membantu menganalisis database pemasaran terkait dengan identifikasi dan membangun manajemen hubungan dengan pelanggan dalam menciptakan nilai.
        Penelitian ini diadakan dengan tujuan untuk membangun model yang dapat meramalkan perilaku pelanggan sehingga mampu memberi nilai tambah bagi perusahaan dalam menciptakan kepuasan pelanggan dan pelaku bisnis lainnya.
        Teori yang dibahas dalam penelitian ini adalah data mining merupakan teknologi baru yang sangat berguna untuk membantu perusahaan-perusahaan menemukan informasi yang sangat penting dari gudang data mereka. Perangkat data mining meramalkan tren dan sifat-sifat perilaku bisnis yang sangat berguna untuk mendukung pengambilan keputusan penting. Analisa yang diotomatisasi yang dilakukan oleh data mining melebihi yang dilakukan oleh sistem pendukung keputusan tradisional yang sudah banyak digunakan seperti mengotomatisasi prediksi  tren dan sifat-sifat bisnis serta mengotomatisasi penemuan pola-pola yang tidak diketahui sebelumnya.
        Metodologi dalam penelitian menggunakan istilah pola dan model. Pola dapat diartikan sebagai instansiasi dari model. Pendekatan matematis yang digunakan dalam pencocokan model ada dua yaitu statistik yang memberikan efek non-deterministik dan logik yang murni deterministik, tetapi yang lebih banyak digunakan adalah pendekatan statistik mengingat ketidakpastian yang ada dalam proses pembangkitan data di dunia nyata. Dan variabel yang digunakan yaitu independen dan dependen. Untuk variabel independen yaitu Data Mining dan CRM (Customer Relationship Management). Dan untuk variabel dependen yaitu kepuasan pelanggan.
      Setelah dilakukan pengujian dalam penelitian ini, maka didapat hasil yang menyimpulkan bahwa data mining yang hadir sebagai teknologi untuk memanfaatkan ketersediaan data bisnis yang melimpah, telah membantu para pelaku bisnis untuk mempertahankan dan mengembangkan bisnis mereka. Akan tetapi, agar teknologi ini dapat dimanfaatkan terus-menerus, teknologi ini harus dapat bekerja berdampingan dengan bidang lain di dunia teknologi informasi yang berkembang dengan sangat cepat.


0 komentar:

Posting Komentar