Minggu, 26 Desember 2010

Ada uang Ada barang,, Uang hiLang Barang tak kunjung datang..!!



        Siapa yang tak suka berbelanja,,? Setiap orang pasti menyukainya.. Pria, wanita, anak2, dewasa, semua pasti pernah berbelanja. Berbelanja tak harus selalu dikaitkan dengan biaya yang mahal, membelanjakan uang dalam jumlah sedikit untuk keperluan sehari2 juga dapat disebut berbelanja.
         Pada era yang sudah semakin maju ini (saya tidak menyebutkan kata globalisasi karna sudah sangat sering digunakan..!! Hehe...), komunikasi sudah sangatlah mudah untuk dilakukan. Internet sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Aktifitas jual beli pun sudah sangat mudah dan cepat dilakukan melalui internet.
         Facebook,, salah satu situs jejaring sosial yang pasti sudah tak asing lagi bagi orang banyak. Siapapun pasti tau dan memiliki account pada salah satu situs jejaring sosial ini. Salah satu cara yang tepat bila melakukan bisnis pada salah satu situs jejaring sosial tersebut. Karena setiap orang dapat melihat dan mengakses account kita dengan cepat dan mudah. Pasti tak asing lagi bagi para pemilik account jejaring sosial (yang saya yakin semua orang pasti memiliki account pada situs tersebut) ini dengan adanya "Online Shop". Ya,,! Jual beli yang dilakukan secara online melalui internet yang sekarang-sekarang ini sedang marak-maraknya di internet (terutama pada account facebook). Banyak barang yang ditawarkan, khusus pria, wanita, anak2, dan sampai barang2 untuk balita pun kini telah tersedia. 
Ekonomis,,Praktis,,!! itu alasan mereka berbelanja di "Online Shop" tersebut. Mereka tak perlu mencari kemana2 dengan waktu yang cukup lama untuk memenuhi kebutuhannya. Mereka hanya cukup duduk di depan komputer dan melihat2 berbagai koleksi yang tersedia. Dan ketika mata mengatakan "Ya",, dipeganglah ponselnya,, lalu.. "sist,, aku mau yang ini ya,, berapa lama sampainya,,? berapa ongkirnya..? (dan beberapa pertanyaan standart lainnya yang biasa digunakan dalam percakapan jual beli) ". Hahahaha.... Siapa yang tak asing lagi dengan kata2 itu..? Pasti ia pernah memesan barang yang ia suka di situs jejaring sosial tersebut.
        Transfer,, adalah cara pembayaran yang dianggap paling mudah dan praktis dalam bisnis "Online Shop" ini. Kesepakatan Dibuat,,Uang pun Ditransfer..! Tapi tak sedikit kasus yang terjadi. Uang ditransfer barang Tak Kunjung Datang..!
Batas yang dijanjikan pengiriman selama 2-3 hari,, tapi seminggu pun tak kunjung datang..! Bahkan terkadang sampai 2minggu lebih pun belum datang juga..! Siapa yang dapat disalahkan..?!
Dalam transaksi seperti ini kepercayaan memang sangatlah dibutuhkan. Kasus keterlambatan pengiriman barang sangat sering terjadi, baik dari si penjual ataupun dari pihak jasa pengiriman. Seharusnya sang penjual mengutamakan kepercayaan dari sang pembeli. Alangkah baiknya komunikasi dibina dengan baik smpai barang pesanan sampai ke tangan masing2 pembeli. Tapi pada kasus yang sering terjadi, setelah uang ditransfer kepada si penjual, penjual hanya mengabari bahwa barang pesanan sudah dikirim. Ketika barang pesanan belum juga sampai tepat pada waktu yang telah dijanjikan,, si penjual tak tau menau dan tak jarang juga mereka tak dapat dihubungi kembali. Apakah itu cara berbisnis yang baik..?! Hanya ingin meraup keuntungan saja tanpa mau ikut bertanggung jawab atas keterlambatan datangnya barang pesanan si pembeli.. Dimana sikap profesional mereka..?!

        Namun,, bukan berarti semua bisnis "Online Shop" yang ada pada situs jejaring sosial yang saya sebutkan tadi seperti itu. Itu hanya sebagian contoh dari beberapa kasus yang sering terjadi pada beberapa orang termasuk saya sang penulis.
Sekali lagi,, penulis memohon maaf bila ada kata2 yang kurang berkenan,,! Tulisan ini dibuat semata2 hanya untuk sharing kepada para pembaca,, dan berharap kejadian seperti itu tidak akan pernah terulang lagi bagi para pebisnis "Online Shop".


       

0 komentar:

Posting Komentar