Senin, 11 Oktober 2010

Teori Pengambilan Keputusan


Tugas Teori Pengambilan Keputusan

Nama  :  Insani Ilmiyati
Kelas  :  4EA01
NPM  :  10207567
 

SOAL :
1.      Mengidentifikasi permasalahan ekonomi.
2.      Mengidentifikasi persoalan yang kerap muncul dan berpotensi ancaman bagi keberlangsungan usaha.
3.      Mengetahui situasi yang dianggap mendukung dan kurang mendukung bisnis.

JAWABAN :
1.      Mengidentifikasi permasalahan ekonomi
Permasalahan ekonomi yang kerap muncul di Indonesia adalah terbatasnya lapangan pekerjaan dengan jumlah penduduk yang setiap tahunnya bertambah pesat. Kondisi perekonomian yang tidak pasti membuat setiap orang terjebak dalam situasi yang sulit ini. Perekonomian yang tidak merata menjadi salah satu kendala bagi sebagian masyarakat yang boleh dikatakan kurang beruntung. Sedangkan kehidupan terus berjalan. Setiap orang membutuhkan pekerjaan untuk membiayai kebutuhan hidupnya. Masalah baru pun terlihat kembali ketika seseorang memulai untuk mencari pekerjaan. Saat ini hanya orang-orang yang berpendidikan tinggilah yang bisa dikatakan layak untuk memperoleh pekerjaan yang baik. Sedangkan sisanya…?! Orang-orang yang dikatakan kurang beruntung yang hanya bisa mengenyam pendidikan tidak sampai mempunyai gelar untuk namanya. Dan lagi-lagi penyebabnya adalah biaya. Keterbatasan ekonomi yang membuat mereka tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Namun ironisnya, tidak semua orang yang beruntung tadi yang dapat melanjutkan pendidikan mereka hingga gelapun disandang, mampu memperoleh pekerjaan yang bisa dikatakan layak untuk mereka.
Jadi intinya, permasalahan ekonomi di Indonesia saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Menurut saya, jumlah lapangan pekerjaan dengan jumlah penduduk di Indonesia sangat tidak seimbang. Dan itulah yang menyebabkan perekonomian di Indonesia tidak merata. Selain itu, mahalnya biaya yang harus dikeluarkan untuk sebuah pendidikan menjadi salah satu masalah bagi masyarakat yang kebetulan kurang mampu untuk terus berkembang.

2.      Persoalan yang kerap muncul dan berpotensi ancaman bagi keberlangsungan usaha.

a.       Pesaing
Pesaing selalu ada dalam dunia usaha. Apabila kita tidak pandai-pandai dalam menjalankan strategi usaha, pasti para pesaing-pesaing tersebut akan menjadi anacaman besar bagi kita.


b.      Kerugian
Kerugian bagi usaha adalah salah satu hal yang wajar. Namun apabila kita tidak segera tanggap untuk mengatasi masalah keuangan tersebut, maka tidak menutup kemungkinan masalah tersebut akan menjadi masalah besar yang mengancam kelangsungan dari usaha yang dijalankan.

c.       Perekonomian yang tidak stabil
Naik turunnya nilai mata uang yang tak stabil sedikit banyak pasti mempengaruhi jalannya usaha yang sedang digeluti. Harga di pasaran akan berjalan tak stabil pula. Bila kita tak bisa cepat beradaptasi dengan baik, usaha yang kita geluti cepat atau lambat pasti akan mengalami penurunan yang drastis.

d.      Buruknya struktur perusahaan
Setiap usaha pasti mempunyai struktur di dalamnya walaupun usaha tersebut usaha kecil.
Penempatan tenaga kerja yang baik adalah salah satu hal yang penting dalam usaha.
Namun banyaknya karyawan-karyawan nakal akan menjadi penghambat bagi kelangsungan perusahaan.

e.       Keterbatasan modal
Keterbatasan modal adalah hal yang paling utama yang sudah pasti dapat menjatuhkan keberlangsungan perusahaan.



3.      Situasi yang dianggap mendukung dan kurang mendukung bisnis.

·         Situasi yang di anggap mendukung bisnis
Situasi yang dapat memberikan keuntungan bagi jalannya bisnis. Misalnya, para pesaing yang tak begitu mengancam keberadaan perusahaan, serta lokasi yang strategis juga dapat mendukung jalannya suatu bisnis. Dan modal yang cukup adalah salah satu faktor utama dalam menjalankan suatu bisnis.

·         Situasi yang di anggap kurang mendukung bisnis
Situasi dimana dapat mengakibatkan kerugian bagi jalannya bisnis. Seperti banyaknya pesaing yang muncul adalah salah salah satu situasi yang dapat mengancam jalannya bisnis. Lokasi yang kurang strategis juga dapat menghambat jalannya bisnis tersebut dan dapat mengakibatkan distribusi ke masyarakat berjalan kurang maksimal.


0 komentar:

Posting Komentar